Posted by: Haluan Harian | December 31, 2007

Penderita TBC Enggan Berobat

PADANG, HaluanPenyakit Tuberkulosis (TB) telah menjadi ancaman nyata bagi masyarakat Sumbar saat ini. Di Indonesia setiap tahunnya terdapat 450.000 penderita TB yang baru, dengan angka kematian mencapai 175.000 pertahun.

Tuberkulosis juga telah menjadi penyebab kematian nomor tiga.“Untuk dunia, Indonesia menempati urutan ke tiga, sebagai negara penyumbang penderita tuberkulosis terbanyak setelah Cina dan India,” kata Ketua Panitia Pertemuan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Sumbar A. Aziz Djamal pada wartawan Sabtu (29/12) di kantor Bappeda Sumbar.

Dijelaskan, penyakit tuberculosis merupakan penyakit yang sangat rumit dan kompleks. Sebagian besar masyarakat, tidak tahu bahwa tuberculosis bisa disembuhkan. Ketidaktahuan akan penyakit tuberculosis, membuat masyarakat mendiamkan penyakit yang dideritanya dengan cara tidak pergi berobat ke rumah sakit atau pukesmas.

Padahal penyakit TB bisa disembuhkan dengan jalan melakukan perawatan dan minum obat selama enam bulan. Selama enam bulan, penderita TB harus meminum obat tidak boleh dihentikan dipertengahan waktu. Kalau minum obat dihentikan tidak pada waktunya, penyakitnya akan bertambah parah.

“Karena virus-virus TB tadi semakin bertambah ganas, dan bisa mengakibatkan kematian, ” jelas Aziz yang didampingi oleh Drs. Nofrizal, MA.Penyakit tuberculosis kata Aziz, bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Gejala penyakit TB dapat diketahui dari berat badan menurun tanpa sebab yang jelas, nafsu makan kurang, demam kronik dan berulang, malaise, batuk kronik dan berulang, diare lama dan keringat malam.

Untuk mengetahui apakah anak terjangkit TB, perlu dilakukan uji tuberkulin.Penyakit TB pada anak tidak menularkan, berbeda dengan TB pada orang dewasa yang menularkan. TB pada orang dewasa gejala utamanya batuk dengan waktu yang lama, dengan jumlah kuman sangat banyak. Jenis penyakit TB-nya adalah TB di paru-paru. urud

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: